Kecerdasan Majemuk

Teori Kecerdasan Majemuk pertama kali dikembangkan oleh Dr. Howard Gardner dari Harvard Univewrsity pada tahun 1983. Selama ini gagasan kecerdasan berdasarkan pengujian IQ adalah sangat terbatas. Dr. Gardner berpendapat bahwa setiap manusia mempunyai 8 kecerdasan yang berbeda untuk berbagai potensi manusia yang lebih luas pada anak-anak dan orang dewasa. 8 kecerdasan tersebut adalah:

1. Kecerdasan Linguistik (Kata-kata)
Merupakan kepekaan untuk berbicara dan menulis, kemampuan untuk mempelajari bahasa dan kemampuan menggunakan  bahasa untuk mencapai tujuan tertentu. Kecerdasan ini mencakup kemampuan untuk secara efektif menggunakan bahasa  untuk mengekspresikan diri secara retoris atau puitis, dan bahasa sebagai sarana untuk mengingat informasi. Penulis, penyair, pengacara, dan pembicara adalah mereka yang mempunyai kecerdasan linguistik yang tinggi.

2. Kecerdasan Logika (Matematika)

Kecerdasan Logika-Matematika terdiri dari kemampuan untuk menganalisa masalah secara logis, melakukan operasi  matematika, dan menyelidiki masalah ilmiah. Menurut Gardner ini merupakan kemampuan untuk mendeteksi pola, alasan  deduktif dan berpikir logis. Kecerdasan ini sering dikaitkan dengan pemikiran ilmiah dan matematika.

3. Kecerdasan Spasial (Gambar)
Kecerdasan Spasial melibatkan kemampuan untuk mengenali dan menggunakan pola ruang yang luas.

4. Kecerdasan Musikal
Kecerdasan musikal melibatkan kemampuan dalam kinerja, komposisi dan apresiasi terhadap pola musik. Ini mencakup kemampuan untuk mengenali dan menulis pola titi nada musik, nada, dan ritme. Menurut Gardner kecerdasan musik secara struktural berjalan hampir paralel dengan kecerdasan linguistik.

5. Kecerdasan Intrapersonal (Refleksi diri)
Kecerdasan Intrapersonal mencakup kemampuan untuk memahami diri sendiri, untuk menghargai perasaan, ketakutan, dan motivasi. Dalam pandangan Gardner melibatkan kemampuan memiliki model kerja yang efektif dari diri kita sendiri, dan untuk menggunakan informasi tersebut untuk mengatur hidup kita.

6. Kecerdasan Kinestetik (Olah tubuh)
Kecerdasan kinestetik jasmani memerlukan potensi menggunakan seluruh tubuh seseorang atau bagian tubuh untuk      memecahkan masalah. Ini adalah kemampuan untuk menggunakan kemampuan mental untuk mengkoordinasikan gerakan tubuh. gardner melihat aktivitas mental dan fisik sebagai sesuatu yang berkaitan.

7. Kecerdasan Interpersonal (hubungan antar manusia)
Kecerdasan Interpersonal berkaitan dengan kemampuan untuk memahami kemauan, motivasi, dan keinginan orang lain. Hal ini memungkinkan orang untuk bekerja secara efektif dengan orang lain. Pendidik, tenaga penjual, pemimpin agama dan politik, dan konselor semua membutuhkan kecerdasan interpersonal yang bekerja dengan baik.

8. Kecerdasan Naturalis (hubungan dengan alam)
Kecerdasan naturalis memungkinkan manusia untuk mengenali, mengelompokkan dan menggunakan fitur tertentu dari  lingkunghan. Kecerdasan ini menggabungkan deskripsi kemampuan inti dengan karakterisasi peran yang banyak  mempunyai nilai  budaya.

Sebagian besar lembaga pendidikan kita masih menitikberatkan pemberdayaan peserta didik pada kecerdasan linguistik dan kecerdasan logika, sedangkan kemampuan yang lain masih belum diberdayakan secara maksimal. Dr. Gardner juga mengatakan bahwa kita juga harus menempatkan perhatian yang sama pada individu yang menunjukkan prestasi dalam kecerdasan lain: para seniman, arsitek, musisi, naturalis, desainer, penari, terapis, pengusaha dan lain-lain yang memperkaya dunia dimana kita hidup. Sayangnya banyak dari anak-anak yang sangat berbakat tidaka cukup punya ruang gerak yang cukup luas di sekolah dimana mereka seharusnya dapat mengembangkan bakat yang mereka miliki secara optimal.

Salah satu fitur yang paling menonjol dari kecerdasan majumuk adalah bagaimana ia menyediakan 8 jalur potensi yang berbeda untuk belajar. Jika guru kesulitan menjangkau siswa dengan cara liguistik atau logis, teori kecerdasan majemuk menyarankan beberapa cara lain dimana pelajaran mungkin disajikan untuk memfasilitasi pembelajaran yang efektif. Penggabungan beberapa hal dalam kecerdasan majemuk merupakan ide pembelajaran yang sangat menarik dan efektif. Penyajian materi pelajaran bisa dilakukan dengan lebih kaya dan lebih kreatif. (dari berbagai sumber)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: