Refleksi Peringatan HariAnak Nasional 2010

Dalam setiap tahun kita selalu menyelenggarakan peringatan hari ANAK NASIONAL (HAN), yang jatuh disetiap tanggal 23 Juli. Tentu sebagian besar anak-anak kita merasa gembira karena banyak acara yang dapat mereka ikuti dan nikmati, seperti halnya; lomba mewarnai, hingga lomba balap karung yang diadakan di sekolah ataupun di lingkungan sekitar rumah.

Berbanggalah kita yang pada saat ini masih berstatus sebagai anak-anak (usia 2-12 tahun). Bagaimana tidak?

Pemerintah Indonesia sengaja mendedikasikan hari ini bagi kita, bagi anak-anak Indonesia. Anak-anak yang akan dan sedang membawa bangsa ini menjadi bangsa yang lebih bermartabat.

Pada tahun ini tema peringatan HAN 2010 adalah “Anak Indonesia Belajar Untuk Masa Depan” dengan subtema Kami Anak Indonesia, Jujur, Berakhlak Mulia, Sehat, Cerdas, dan Berprestasi.

“Arti  tema di atas  adalah mendorong agar anak-anak menyadari bahwa tugasnya adalah belajar dan dengan belajar masa depan Indonesia bisa dibangun oleh mereka nantinya”

Namun sayangnya, sebagian besar kita selaku orangtua dan mereka yang dibebani tanggung jawab terhadap anak hanya bisa larut dalam suka cita dan seremonial semata.

Padahal seharusnya kita  menjadikan hari anak ini  sebagai hari evaluasi dan refeleski, sehingga kedepan anak-anak kita tidak lagi menjadi korban eksploitasi dan kekerasan, tetapi mereka dapat menikmati masa anak-anaknya dengan menerima hak-haknya sebagai anak dengan baik.

Sering kita mendengar di media massa, Ketua Dewan Pembina Komisi Nasional Perlindungan Anak Seto Mulyadi menyatakan, “Pemerintah sudah mencanangkan suatu gerakan nasional hentikan kekerasan terhadap anak melalui Gerakan Nasional Indonesia Sayang Anak”. Mari jadikan HAN sebagai momentum untuk mengingatkan pentingnya menghentikan kekerasan terhadap anak.

Dengan penuh harap, kami mengajak kepada semua orangtua yang memiliki anak, mari kita Sayangi anak-anak kita dan hindari memperlakukan mereka dengan kekerasan, baik dirumah ataupun disekolah.Yang mereka butuhkan adalah kasih sayang dan kegembiraan, dengan bermain, bernyanyi, senyuman, dan pelukan kita semua.

SELAMAT HARI ANAK NASIONAL… INDONESIAKU..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: