Tips Menulis dengan Baik

Tidak bisa kita pungkiri, kebanyakan dari kita tidak terlatih dan terbiasa  untuk menulis. Kalaupun ketika di sekolah dasar belajar menulis, titik tekan pengajaran adalah bagaimana merangkai huruf demi huruf sehingga menjadi sebuah kata yang mempunyai arti.
Jarang kita menekuni menulis untuk dapat mengemukakan gagasan menebar ilmu, berita, dan sebagainya. Kebanyakan dari kita menganalogikan menulis dengan sesuatu yang membosankan atau hal yang teramat sangat sulit.
Dari banyaknya anggapan yang berisi hal-hal negatif tentang menulis, ternyata masih ada sebagian orang yang mengatakan belajar menulis itu mudah. Melalui aktivitas ini, seorang penulis juga bisa merasakan kepuasan batin, peningkatan karir, reputasi dan penghasilan. Nah, bukankah ini bukti bahwa menulis merupakan profesi yang dapat mendatangkan penghasilan materi.

Apalagi dengan semakin berkembangnya internet, maka skill penulisan pun semakin dibutuhkan. Bagaimana tidak, mulai dari blog pribadi hingga situs penjualan semuanya memerlukan seni menulis. Artinya, peluang menulis tidak hanya berlaku di dunia offline saja, namun juga sangat terbuka lebar untuk dunia online. Lalu mengapa Anda tidak memutuskan untuk mulai belajar menulis?
Perlu Anda ketahui, ada ribuan peluang usaha untuk menghasilkan uang melalui internet. Tidak sedikit para marketer yang bisa berpenghasilan hingga ribuan dollar dari internet. Apa hubungannya dengan menulis? Tentu saja, sekali lagi hal ini sangat terkait. Keahlian menulis mempunyai peran yang sangat penting di sini. Jika Anda mau belajar menulis, maka ini menjadi satu poin untuk bisa berpenghasilan lewat internet.
Mengenai inspirasi untuk belajar menulis, Anda bisa mendapatkannya darimana saja. Kejadian di sekitar kita, permasalahan yang dialami sendiri. Seringkali tulisan yang terinspirasi dari persoalan pribadi, berangkat dari keinginan untuk curhat, kemudian berubah menjadi keinginan untuk berbagi
pengalaman. Menarik atau tidaknya suatu peristiwa, tergantung keterampilan si penulis mengolah kata-kata dan menyusun elemen-elemen yang mampu memberi kesan hidup pada tulisannya.
Nah, dengan paradigma baru seperti ini, maka saatnya bersegera untuk mengambil pena dan mulai mencoretkannya menjadi tulisan. Atau mulai menjentikkan jari Anda pada keyboard komputer Anda untuk merangkai kata demi kata. Ingat, 99% kesuksesan itu ditentukan oleh usaha atau kerja keras kita.
Dan, hanya 1% saja yang merupakan faktor bakat atau talenta. Jadi tidak ada kata terlambat untuk belajar menulis. Yang terpenting adalah menulis, menulis dan menulis.

Berikut tips belajar menulis yang baik :

  1. Usahakan agar kalimat tidak terlalu panjang (rata-rata pendek)
  2. Pilihlah yang sederhana daripada yang kompleks
  3. Pilihlah kata-kata yang lazim atau umum digunakan
  4. Hindari kata-kata yang tidak perlu
  5. Beri kekuatan pada kata kerja
  6. Tulislah sebagaimana Anda berbicara
  7. Gunakanlah istilah yang bisa digambarkan oleh pembaca
  8. Hubungkan dengan pengalaman pembaca Anda
  9. Gunakanlah sepenuhnya variasi
  10. Menulislah untuk menyatakan, bukan untuk mempengaruhi

Jika Anda sudah memutuskan untuk mulai belajar menulis dengan benar, maka Anda hanya perlu untuk memperdalam apa yang Anda suka dan membaca apa yang Anda suka. Dengan kata lain, Anda harus fokus dengan bidang tulisan yang Anda minati. Anda juga bisa mendapatkan pembelajaran melalui Asian Brain Internet Marketing Center.
Keahlian menulis yang dipadukan dengan strategi marketing online yang cantik akan mampu melejitkan potensi Anda untuk sukses. Jika kombinasi kedua skill ini sudah Anda miliki, maka saya hanya bisa mengucapkan “SELAMAT, SUKSES BESAR TELAH MENANTI ANDA!” Karena SUKSES adalah HAK KITA!!!

2 Tanggapan

  1. Terima kasih atas segala informasinya. Semoga kami dapat memanfaatkannya. Sukses buat kita semua.Amiin.

  2. Sama2. terima kasih sdh mampir. Anda dri mana?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: