Belajar Efektif

A. Belajar Efektif.

1. Pengertian Belajar Efektif.
Belajar efektif adalah cara belajar yang dapat meraih tujuan yang ingin dicapai dari belajar itu sendiri, sesuai dengan kompetensi dasar dari materi yang diajarkan. Misalnya, siswa dapat melakukan operasi perkalian dan mampu menjawab soal gurunya dengan baik dan benar.

2. Persiapan Belajar Efektif.
Agar belajar menjadi efektif ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan, yaitu:
1) Tumbuhkan motivasi untuk belajar, dengan pertanyaan berikut: “mengapa saya harus belajar, untuk apa saya belajar?.
2) Buatlah jadwal belajar yang rutin dan teratur, misalnya setiap hari ada 3 kali waktu untuk balajar (siang hari pkl 14.00 – 16.00, malam hari pkl 19.00 – 21.00, dini hari pkl 03.30 – 05.00 ).
Dalam menetapkan jadwal pelajaran, ada 2 hal yang harus dipertimbangkan yaitu:
Sesuaikan jenis pelajaran yang akan dipelajari dengan waktu belajar yang sudah ditetapkan, misalnya: waktu siang untuk mengulang, malam untuk pelajaran eksak Matematika/IPA, dini hari untuk hapalan.
Porsi belajar di sekolah dan di rumah harus seimbang, artinya jika pelajaran matematika di sekolah belajar 3 x seminggu, maka di rumah pun harus belajar 3 x seminggu.
Jika jadwal belajar sudah dibuat, maka hendaklah dipatuhi dan dilaksanakan. Belajar sedikit-sedikit tapi rutin masih lebih efektif daripada belajar banyak tetapi tidak rutin.
Lakukan prinsip : 6 x @ 2 jam seminggu = 2 jam + 2 jam + 2 jam + 2 jam + 2 jam + 2 jam
Hindarkan prinsip : 2 x @ 6 jam seminggu = 6 jam + 6 jam
3) Siapkan fasilitas belajar, seperti tempat belajar, alat tulis, buku catatan dan latihan, buku pelajaran dan alat bantu belajar.
4) Jaga stamina baik fisik (jasmaniah) maupun psikis (rohaniah) agar tetap kondisi prima dan berdoa.

3. Kiat Belajar Matematika yang Efektif.
1) Belajar Matematika di Sekolah, dengan mengikuti kaidah SMART, yaitu:
Siapkan pelajaran dengan baik, seperti perlengkapan belajar dan PR.
Menyimak uraian yang disampaikan oleh guru dengan baik dan konsentrasi.
Aktif bertanya jika ada uraian yang tidak jelas.
Rajin sekolah dan rajin mengerjakan tugas atau latihan yang diberikan.
Tulislahlah kembali rangkuman materi dan rumus yang diterangkan oleh guru.
2) Belajar Matematika di Rumah, dengan mengikuti kaidah CERDAS, yaitu:
Catat teori, konsep, dan rumus Matematika sebagai rangkuman materi.
Efisien dalam mengelola waktu, dan efektif setiap kali belajar.
Rajin mengerjakan soal latihan dalam jumlah banyak termasuk PR.
Disiplin belajar, teratur, dan konsisten.
Aktif bertanya kepada teman yang pandai atau guru mengenai soal latihan yang sulit.
Serahkan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa segala masalah melalui doa dan bertawakal.

4. Mengembangkan Sikap Positif Terhadap Belajar’
1) Yakin dapat berhasil dalam kegiatan belajar.
2) Belajar menemukan (membuktikan) atau mencari sesuatu yang ditugaskan.
3) Siap menanggung resiko (tidak putus asa) bila belajat tidak berhasil.
4) Jika tidak berhasil tetapi tetap tekun, karena ketekunan merupakan awal keberhasilan.

B. Kiat Mengatasi Kesulitan Belajar.

Beberapa langkah cara mengatasi kesulitan belajar, diantaranya:
1. Melakukan diagnosa berdasarkan indikasi kesulitan belajar , seperti nilai dibawah rata-rata kelas, prestasi belum tercapai dan perasaan siswa (tidak konsentrasi).
2. Pahami jenis kesulitan belajar dan sumbernya.
3. Tentukan jenis bimbingan belajar yang tepat.
4. Tetapkan kepada siapa harus berkonsultasi; guru, psikolog, psikiater, atau konselor.
5. Melakukan evaluasi.
6. Lakukan perbaikan untuk meningkatkan prestasi belajar sesuai potensi yang dimiliki.

C. Trik Belajar Efektif.

1. Belajar untuk persiapan ulangan.
Pilihlah pelajaran yang lebih urgent/mendesak untuk dipelajari.
Pilihlah hanya pokok bahasan atau sub pokok bahasan dari pelajaran yang belum dikuasai denang baik.
Buatlah ringkasan materi dari pokok bahasan yang pelajari, karena lebih praktis dan efisien.
Persiapan Mental (mengatasi gugup, kurang teliti, tergesa-gesa perlu diusahakan meliputi tujuan, minat, percaya diri, dan ketekunan dalam belajar).
2. Pada saat ulangan atau ujian.
Periksa seluruh lembar soal dan perhatikan petunjuk pengerjaan pengisian.
Bandingkan jumlah soal dengan alokasi waktu yang diberikan, misalnya naskah 40 soal selama 2 jam (120 menit) artinya 1 soal dikerjakan rata-rata 3 menit (120 : 40)
Kerjakan soal yang mudah terlebih dahulu.
Pada soal pilihan ganda, jawablah dengan cara smart (singkat dan tepat), untuk soal esai jawablah secara rinci dan jelas.
Manfaatkan waktu yang tersisa untuk memeriksa seluruh soal dan jangan terpengaruh oleh peserta lain dalam menjawab soal, lebih baik percaya diri.
(http://mampuono.6te.net)

Satu Tanggapan

  1. teng”s pak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: