Pengembangan Diri dan Ekstrakurikuler

A. Pengertian Pengembangan Diri
Merupakan kegiatan pendidikan diluar mata pelajaran sebagian integral dari kurikulum sekolah. Merupakan pembentukan watak dan kepribadian peserta didik yang dilakukan oleh kegiatan pelayanan konseling berkenan dengan masalah pribadi, kehidupan sosial, kegiatan belajar dan pengembangan karir serta kegiatan kuri kuler

B. Tujuan Pengembangan Diri
a. Tujuan Umum
Untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri siswa sesuai dengan kebutuhan, potensi, minat dan bakat, kondisi dan perkembangan peserta didik.
b. Tujuan Khusus
Untuk menunjang pendidikan peserta didik dalam mengembangkan kemandirian, bakat, minat, kreatifitas, kopetensi, kehidupan, keagamaan, kemampuan sosial, kemampuan belajar, wawasan dan perencanaan karir serta kemampuan pemecahan masalah.
C. Pengertian Kegiatan Ekstra Kurikuler
Kegiatan ekstra kurikuler adalah kegiatan pendidikan di luar mata pelajaran dan pelayanan konseling untuk membantu pengembangan peserta didik sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, dan minat mereka melalui kegiatan yang secara khusus diselenggarakan oleh pendidik dan atau tenaga kependidikan yang berkemampuan dan berkewenangan di sekolah.

D. Fungsi Kegiatan Ekstra Kurikuler
1. Pengembangan
Kegiatan ekstra kurikuler untuk mengembangkan kemampuan dan kreativitas peserta didik sesuai dengan potensi, bakat dan minat pesertadidik secara individual.
2. Sosial
Kegiatan ekstra kurikuler untuk mengembangkan kemampuan dan rasa tanggung jawab sosial peserta didik.
3. Rekreatif
Kegiatan ekstra kurikuler untuk mengembangkan suasana rileks, menggembirakan dan menyenangkan bagi peserta didik yang menunjang proses perkembangan
4. Persiapan karir
Kegiatan ekstra kurikuler untuk mengembangkan kesiapan karir peserta didik

E. Prinsip Kegiatan Ekstra Kurikuler

a. Individual, yaitu prinsip ekstrakurikuler yang sesuai dengan potensi, bakat, dan minat peserta didik masing-masing
b. Pilihan, yaitu prinsip kegiatan ekstrakurikuler yang sesuai dengan keinginan dan diikuti secara sukarela peserta didik
c. Keterlibatan aktif, yaitu prinsip kegiatan ekstrakurikuler yang menuntut keikut sertaan peserta didik secara penuh.
d. Menyenangkan, yaitu prinsip kegiatan ekstrakurikuler dalam suasana yang disukai dan menggembirakan peserta didik
e. Etos Kerja, yaitu prinsip kegiatan ekstrakurikuler yang membangun semangat peserta didik untuk bekerja denagn baik dan berhasil.
f. Kemanfaatan social, yaitu prinsip kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan untuk kepentingan masyarakat

Satu Tanggapan

  1. bagus,,,tapi saya ingin bertanya apa ada rpp untuk aktivitas pengembangan di luar kelas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: